Friday, December 07, 2007

.: Tips merawat tas kulit :.




Got this articles from : seputar indonesia

APA pun jenis dan kegunaan tas yang dimiliki, mulai dari tas untuk acara-acara malam, tas pantai atau untuk bepergian, tentu saja tas harus dirawat agar tetap terlihat menarik dan tidak kusam walaupun tersimpan lama di dalam lemari.

Tas jinjing maupun tas tangan dengan berbagai variasi,tentu membutuhkan perawatan yang maksimal, selain bisa tahan lama, tas bisa saja digunakan berkali-kali.Untuk menjaga tas tetap enak dipandang ada beberapa tips untuk perawatan tas :

● Tas pesta sekarang ini banyak yang terbuat dari kain halus atau silk yang diberi sulaman atau diberi manik dan payet.Untuk membersihkan tas jenis ini termasuk sulit.

Salah satunya menggunakan kain lembut atau catton bud yang diberi cairan pembersih.

● Jangan pernah menyimpan tas kulit berdekatan atau menempel pada tas plastik karena tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit.Kalau ditata saling berdempetan, tas kulit bisa ternoda, noda terlihat seperti kulit kena jamur.

● Tas dari bahan kain, kebanyakan dapat dicuci dengan bahan pencuci khusus dan air hangat yang dibubuhkan pada kain bersih.Seka hingga bersih dengan kain lembap. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.

●Tas kulit, untuk membersihkannya dapat menggunakan sabun bernama saddle soap atau krim pembersih khusus untuk kulit. Ini dapat diperoleh di pasar swalayan. Cara membersihkannya gosok pelan menggunakan kain lembut atau semacam spons. Agar mengkilap, gosoklah dengan kain lembut.

●Tas dari bahan plastik, dapat dibersihkan dengan menyekanya menggunakan kain bersih yang sudah diberi sabun mandi atau sabun lembut lainnya.Bersihkan bekas sabun tersebut menggunakan kain bersih.

● Tas dari bahan anyaman, debu adalah kotoran yang paling banyak dijumpai pada tas anyaman.Untuk membersihkannya dapat digunakan alat penyedot debu.Atau dapat pula menggunakan hairdreyer yang dingin.

Arahkan ke arah berlawanan. Cara lain dengan menggunakan lap yang telah diberi larutan pembersih, kemudian diseka dengan kain lembap yang bersih. Mengeringkannya cukup dianginkan.Hindari sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna. ● Tas dari bahan suede, untuk membersihkannya gunakan sikat khusus untuk menghilangkan kotoran.Namun jika ada kotoran seperti tanah atau lainnya yang sudah melekat, sebaiknya bawa ke laundry. Agar lebih aman, semprotkan pelindung suede. (bernadette lilia nova)


I also got this artikel from : taskita

Tas dari bahan kulit, apalagi dengan samakan yang sangat halus, bisa menjadi hal yang istimewa. Namun, alangkah sayangnya jika Anda tak merawatnya dengan tepat. Tas kulit yang harganya lumayan mahal itu tak akan tampak istimewa lagi. Tak jarang timbul bercak putih karena tas disimpan lama pada tempat yang lembab. Karenanya agar tas kulit Anda tetap terlihat baru dan awet, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:
  1. Hindarkan kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama. Karena dapat merusak permukaan kulit, misal pecah-pecah. Jika terkena air, segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut.
  2. Jika timbul bercak putih pada permukaan tas, antara lain karena jamur, dapat dihilangkan dengan cara menyapunya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu terdapat di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus baru kemudian bersihkan dengan lap kering. Dapat pula Anda gunakan sabun lembut yang khusus untuk membersihkan bahan kulit atau biasa disebut saddle soap yang dapat diperoleh di pasar swalayan. Gosok pelan tas dengan menggunakan kain lembut atau spon.
  3. Jangan pernah menyimpan tas kulit berdekatan atau menempel dengan tas berbahan plastik. Karena tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit. Ini dapat menyebabkan tas kulit bernoda yang terlihat seperti terkena jamur.
  4. Simpanlah tas yang tidak digunakan dalam kantong penyimpan (dust bag). Jika tas sudah tidak digunakan lagi dalam waktu yang relatif lama, sekali-kali tas dapat dikeluarkan dari kemasannya dan diangin-anginkan.
  5. Jika tas disimpan dalam lemari, gunakan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel yang bisa dibeli di apotik. Letakkan dalam tas kulit Anda agar tidak berjamur.
Sumber : www.republika.co.id

rhie says :
hihihihihi...baru dapet 2 tas kulit oleh2 dari mertuaku yang baru datang dari amerika...selama ini akuh gak pernah terlalu perduli untuk merawat tas2 akuh...karena akuh dulu2 selalu berpikir..yah kalo rusak tinggal beli lagi lah...t api semenjak nikah enath kenapa aku jadi sangat sayang banget sama barang2 kuh ini...apalagi suamikuh selalu bilang " ta..koleksi tas kamuh kan banyak...coba lah dirawat biar lebih awet jadi gak usah beli mulu"

huaaaaaaaaaaa...dezighhhhhhh...bilang ajah deh kalo dia udah bosen ngeliat akuh doyan banget beli tas...

tapi emang setelah aku pikir2 kayaknya "its about time to change"...seharian ini aku rapiin semua koleksi tas kuh...trus aku susun rapih dan akuh masukin ke semua kantongnya...pokoknya jadi tertata rapih deh...

habis ituh...aku mulai online and searching some tips untuk perawatan tas kulit...dan dapet deh tips tersebut...semoga bermanfaat juga buat ibu2 yang lain..hehehehhehe...

No comments: